Artikel

Generic placeholder image
Pelaksanaan Pasar Murah Dalam Rangka Pengendalian Inflasi di Kota Banjarmasin
Kamis, 15 September 2022, masyarakat Kota Banjarmasin beramai-ramai mengunjungi Pelaksanaan Pasar Murah yang dilaksanakan di Lapangan Kamboja, Jl. Anang Adenansi Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan yang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin dalam rangka pengendalian inflasi. Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan guna meringankan beban masyarakat pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak.

Selengkapnya...

Generic placeholder image
Monitoring Harga dan Stok Beras Di Wilayah Kota Banjarmasin
Isu kenaikan harga beras yang akhir-akhir beredar menyebabkan adanya keluhan sebagian masyarakat baik penjual maupun pembeli di pasar-pasar tradisional di Wilayah Kota Banjarmasin. Untuk itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin melaksanakan Pemantauan Harga Beras serta ketersediaannya untuk wilayah Kota Banjarmasin. Pemantauan harga dilaksanakan pada hari Kamis, 25 Agustus 2022 di Pasar Beras Muara Kelayan tepatnya di Toko Beras Busyuhada. Menurut keterangan Ibu Masliha (Pemilik Toko) memang benar terjadi kenaikan harga di beberapa jenis Beras Lokal. Hal tersebut dikarenakan terjadinya gagal panen pada daerah-daerah pemasok Beras Lokal yang disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu. “Kenaikan harga beras sudah terjadi sekitar 2 bulan terakhir, baik Beras Lokal (Daerah Kalimantan Selatan) maupun Beras dari Daerah Jawa”, imbuh nya. Untuk Beras Lokal dengan jenis Unus (Hanyar) berkisar dengan dari harga Rp. 11.200,-/Liter dari harga awal sekitar Rp. 9.600,-/Liter, untuk jenis Unus (Usang) berkisar dengan dari harga Rp. 10.000,-/Liter, untuk jenis Unus (Mayang) berkisar dengan dari harga Rp. 13.000,-/Liter. Untuk Beras dari Daerah Jawa, yakni beras dari daerah Pemanukan berkisar mulai dari harga Rp. 12.300,-/Liter dari harga awal sekitar Rp. 10.500,-/Liter. Selain dari 2 jenis beras tersebut, Bu Masliha Juga menjual Beras Impor dari Thailand yang banyak dibeli masyarakat karena dianggap memiliki kesamaan dengan Beras Lokal. Harga Beras Impor dari Thailand tersebut berkisar dengan harga Rp. 7.000,-/Liter. Sedangkan untuk Beras Jenis Premium tidak ada perubahan dari harga HET. Menurut Penjelasan Ibu Masliha, meskipun Komoditi beras mengalami kenaikan harga, namun stok beras dapat dikatakan cukup tersedia untuk kebutuhan wilayah Kota Banjarmasin. “Untuk beras meskipun harganya naik, namun stok nya ada, tidak seperti komoditi lain beberapa waktu yang lalu yang mengalami kenaikan harga sekaligus ketersediaannya sangat kurang. Alhamdulillah untuk beras stok nya aman” tambah nya.

Selengkapnya...

Generic placeholder image
Bazar Pasar Murah dan Pasar Murah di Bulan Ramadhan Tahun 2022
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin bekerja sama dengan CSR Banjarmasin, TP PKK Kota Banjarmasin, Alfamart, Indomart, PELINDO, Perumda PAL Kota Banjarmasin, BULOG Divisi Regional Banjarmasin, PT. Kal-Sel Ventura, PT. Tonymas Megah Wisata dan PT. Amanah Anugerah Adi Mulia, Mengadakan Bazar Pasar Murah dan Pasar Murah Di beberapa Kecamatan dan Kelurahan di Wilayah Kota Banjarmasin guna membantu Masyarakat memperoleh bahan pokok selama Bulan Ramadhan dengan harga yang terjangkau

Selengkapnya...

Generic placeholder image
Disperdagin Kota Banjarmasin Pantau Harga Kebutuhan Bahan Pokok Menjelang Idul Adha di Sejumlah Pasar Tradisional
Menjelang hari besar, Hari Raya Idul Adha 1442 H biasanya sejumlah Bahan Pokok masyarakat mengalami kenaikan harga. Untuk itu, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin melaksanakan Pemantauan Harga Bahan Pokok di Pasar Antasari, Pasar Lama, dan Pasar Kalindo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkat harga menjelang Hari Raya Idul Adha serta memberikan informasi kepada masyarakat. Berdasarkan pemantauan pada hari Kamis tanggal 15 Juli 2021 rata-rata harga dinilai masih stabil, walaupun masih ada beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga. Ada 5 komoditas yang mengalami kenaikan harga, yaitu Telur Ayam Kampung, Tomat, Ikan Segar Peda, Ikan Asin Telang dan Ikan Asin Sepat. Telur Ayam Kampung bulan lalu berada diharga Rp.2.200/butir atau Rp.44.000/Kg naik secara signifikan hingga sekarang berada diharga Rp 3.200/butir atau Rp.64.000/Kg, Tomat juga mengalami kenaikan yang signifikan pada bulan lalu harga Tomat sebesar Rp.10.000/Kg dan sekarang menjadi Rp.16.000/Kg. Ikan Segar Peda juga mengalami kenaikan sebesar Rp.5.000/Kg dan sekarang menjadi Rp.50.000/Kg. Sedangkan Ikan Asin baru saja mengalami kenaikan sebesar Rp.5.000/Kgnya yang mana Ikan Asin Telang menjadi Rp.75.000/Kg dan Ikan Asin Sepat menjadi Rp.35.000/Kg. Kenaikan harga beberapa Komoditas tersebut disebabkan berkurangnya pasokan yang ada. Walapun beberapa Komoditas mengalami kenaikan, komoditas yang lain juga berangsur turun dan stabil, seperti daging Ayam Ras dan Gula Pasir. Daging Ayam Ras pada bulan lalu berada pada harga Rp.42.000/Kg terus mengalami penurunan harga dan sekarang menjadi Rp.35.000/Kg. Gula Pasir juga mengalami penurunan harga yang sebelumnya Rp.12.500/Kg turun menjadi Rp.12.000/Kg. Untuk komoditas yang lain, walaupun ada perubahan harga atau perbedaan harga antar pasar masih dinilai stabil dan kebutuhan yang tersedia masih bisa mencukupi terutama menjelang Hari Raya Idul Adha. Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin akan terus melaksanakan pemantau secara rutin untuk menjaga kestabilitasan harga dan memberikan informasi kepada masyarakat.

Selengkapnya...

Generic placeholder image
Bazar Pasar Murah 2021
Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin menggelar Bazar Pasar Murah Tahun 2021 sebanyak dua kali, yang pertama pada tanngal 3 Mei 2021 di Kelurahan Mantuil dan yang kedua pada tanggal 5 Mei 2021 di Kecamatan Banjarmasin Utara. Bazar pasar murah dibuka oleh Pj. Walikota Banjarmasin dan dihadiri oleh Camat dan Lurah serta tokoh masyarakat setempat. Bazar Pasar Murah ini bekerjasama dengan para Distributor, BULOG, Toko Modern, serta PKK dan UMKM. Produk yang dijual di Bazar terutama adalah bahan pokok dan barang kebutuhan sehari-hari, serta kebutuhan selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri. Disetiap kegiatan selalu menerapkan Prokes dengan membatasi jarak antar penjual maupun pembeli, menerapkan teknis satu jalur masuk dan keluar, serta meminta kepada Babinsa/Babinkamtibnas untuk menjaga masyarakat agar selalu memakai masker dan tidak bergerombol.

Selengkapnya...